Thursday, 9 February 2012

Pengantar Bisnis


Bisnis yaitu aktivitas-aktivitas yang terorganisir untuk menghasilkan barang dan jasa dengan bertujuan mendapatkan laba.
 Tujuan utama bisnis ialah mencari keuntungan/laba.

Sumber Daya dalam Bisnis
1.       Sumber daya manusia
2.       Modal
3.       Sumber daya alam
4.       Entrepreneur
5.       Sumber daya informasi

Sistem Bisnis dan Sistem Ekonomi
1.       Sistem Ekonomi Kapitalisme
2.       Sistem Ekonomi Komunisme
3.       Sistem Ekonomi Sosialisme
4.       Sistem Ekonomi Fasisme
5.       Sistem Ekonomi Campuran

LINGKUNGAN PERUSAHAAN
Lingkungan perushaan dapat diartikan sebagai seluruh pelaku dan kekuatan yang mempengaruhi kemampuan perusahaan untuk melakukan kegiatan guna mencapai tujuan perusahaan.

Lingkungan Umum
·         Politik
·         Hukum
·         Sosial dan Budaya
·         Perekonomian
·         Pemerintah
·         Alam
·         Teknologi
·         Demografi

Lingkungan Khusus
·         Pemasok
·         Pelanggan
·         Perantara
·         Pesaing
·         Penyedia Modal
·         Tenaga Kerja

BENTUK BENTUK PEMILIKAN PERUSAHAAN
Badan Usaha Tidak Berbadan Hukum
·         Perseroan Terbatas (PT)
·         Firma
·         Perseroan Komanditer (CV)

Badan Usaha Tidak Berbadan Hukum
·         Perseroan Terbatas (PT)
·         KOPERASI
·         Yayasan

Badan Usaha Yang Dimiliki Pemerintah
·         BUMN
·         Perusahaan Jawatan/PERJAN
·         Perusahaan Umum/PERUM
·         PERSERO
·         BUMD

Bentuk-Bentuk Penggabungan Usaha
·         Joint Venture
·         Trust
·         Holding Company
·         Sindikat
·         Kartel

USAHA KECIL DAN KEWIRUSAHAAN
Usaha kecil merupakan suatu kegiatan bisnis yang dilakukan baik oleh perorangan maupun kelompok, dimana modal awalnya tidak bernilai besar dan memiliki tujuan untuk memperoleh laba dengan jumlah tenaga kerja dan asset yang relative terbatas.

Ciri-ciri dari usaha kecil :
1.       Umumnya dikelola oleh pemilik
2.       Struktur organisasinya yang sederhana
3.       Pemilik mengenal karyawan-karyawannya
4.       Presentase kegagalan perusahaan tinggi
5.       Kekurangan manajer ahli
6.       Modal jangka panjang sulit diperoleh
7.       Jumlah karyawan yang relative sedikit

Kewirusahaan yaitu proses yang membawa tanah, tenaga kerja dan modal bersama-sama dan mengambil resiko yang terlibat dalam suatu proses produksi barang atau jasa untuk menghasilkan laba, tanah, tenaga kerja dan modal yang merupakan sumber daya pasif yan dapat menghasilkan barang dan jasa yang diinginkan.

Ciri-ciri seorang Wirausaha
1.       Percaya Diri
2.       Berorientasikan pada tugas dan hasil
3.       Pengambilan Resiko

MANAJEMEN
Manajemen adalah proses merencanakan, mengorganisasikan, memimpin, dan mengendalikan pekerjaan anggota organisasi dan menggunakan semua sumber daya organisasi untuk mencapai sasaran organisasi yang sudah ditetapkan (Stoner, Freeman, Gilbert; 1995).

Tingkat Manajemen
1.       Manajemen Puncak (Top Management)
2.       Manajemen Menengah (Middle Management)
3.       Manajemen Bawah (Supervisory Management)

Fungsi Manajemen
·         Perencanaan (Planning)
·         Pengorganisasian (Organization)
·         Pengarahan (Actuating)
·         Pengontrolan (Controlling)

ORGANISASI
Organisasi adalah dua orang atau lebih yang bekerja sama dengan cara yang terstruktur untuk mencapai suatu tujuan.

Struktur Organisasi
·         Organisasi Fungsional
·         Organisasi Divisonal
·         Organisasi Matriks

Jenis Organisasi
·         Organisasi Formal
·         Organisasi Informal

MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA
Manajemen sumber daya manusia merupakan suatu pengelolaan dan pendayagunaan sumber daya yang ada pada individu atau pegawai.
Fungsi : Planning, Organizing, Leading, Controlling

MANAJEMEN PEMASARAN
Penasaran adalah suatu proses social dan manajerial yang didalamnya individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan, dan mempertukarkan produk yang bernilai dengan pihak lain.

MANAJEMEN KEUANGAN
Manajemen Keuangan adalah aktivitas perusahaan yang berhubungan dengan bagaimana memperoleh dana, menggunakan dana, dan mengelola assets sesuai dengan tujuan perusahaan secara menyeluruh.

MANAJEMEN OPERASI
Manajemen operasional adalah suatu proses untuk menghasilkan barang dan jasa melalui perubahan dari input menjadi output.

ALAT-ALAT MANAJEMEN
1.       Akuntansi
2.       Laporan Keuangan
3.       Anggaran
4.       Sistem Informasi Manajemen

No comments:

Post a Comment