Thursday, 9 February 2012

Manajemen Pemasaran


Inti dari pemasaran: mengidentifikasi dan memenuhi kebutuhan manusia dan sosial
Memenuhi kebutuhan dengan cara yang menguntungkan
Fungsi organisasi dan serangkaian proses untuk menciptakan, mengomunikasikan, dan memberikan nilai kepada pelanggan dan untuk mengelola hubungan pelanggan dengan cara yang menguntungkan organisasi dan pemangku kepentingannya (AMA).
Pemasaran tidak lagi hanya dilakukan oleh departemen pemasaran saja, namun pemasaran juga harus mempengaruhi setiap aspek dari pengalaman pelanggan.
Pemasar harus mengelola dengan baik setiap titik kontak dengan pelanggan yaitu layout toko, desain kemasan, fungsi produk, pelatihan karyawan, metode pengiriman, dan logistik.

Konsep Inti Pemasaran
·         Kebutuhan, keinginan, dan permintaan.
·         Pasar sasaran, positioning, dan segmentasi
·         Penawaran dan merek
·         Nilai dan kepuasan
·         Saluran pemasaran
·         Rantai pasokan
·         Persaingan
·         Lingkungan pemasaran

Tugas Manajemen Pemasaran
·         Mengembangkan strategi dan rencana pemasaran
·         Menangkap pemahaman (atau gagasan) Pemasaran
·         Berhubungan dengan pelanggan
·         Membangun merek yang kuat
·         Membentuk penawaran pasar
·         Menghantarkan nilai
·         Mengomunikasikan nilai
·         Menciptakan pertumbuhan jangka panjang

NILAI PELANGGAN
Inti pemasaran:
·         Memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen
·         Menghantarkan nilai pelanggan untuk menghasilkan laba

Rantai Nilai (Value Chain)
Alat untuk mengidentifikasi cara menciptakan lebih banyak nilai pelanggan.
1.       Kegiatan Primer
·         Logistik ke dalam
·         Operasi
·         Logistik ke luar
·         Penjualan
·         Layanan produk
2.       Kegiatan Pendukung
·         Pengadaan
·         Pengembangan teknologi
·         MSDM
·         Infrastruktur perusahaan


Eksplorasi Nilai
Memahami kebutuhan diantara 3 “ruang”, yaitu
·         Ruang kognitif pelanggan
·         Ruang kompetensi perusahaan
·         Ruang sumber daya kolaborator

ANALISA LINGKUNGAN PEMASARAN
Mengidentifikasi lingkungan utama (Makro)
·         Demografi
·         Ekonomi
·         Sosial Budaya
·         Alam
·         Teknologi
·         Politik-Hukum

KEPUASAN DAN LOYALITAS PELANGGAN
Loyalitas adalah komitmen yang dipegang secara mendalam untuk membeli atau mendukung kembali produk atau jasa yang disukai di masa depan meski pengaruh situasi dan usaha pemasaran berpotensi menyebabkan pelanggan beralih.
Kepuasan adalah perasaan senang atau kecewa seseorang yang timbul karena membandingkan kinerja yang dipersepsikan produk terhadap ekspektasi mereka.

KOMUNIKASI PEMASARAN
Sarana dimana perusahaan berusaha menginformasikan, membujuk, dan mengingatkan konsumen –secara langsung maupun tidak langsung- tentang produk dan merek yang dijual.
Memasuki awal tahun 1990an, kegiatan bisnis, khususnya pemasaran tidak lagi mengacu kepada strategi pemasaran tradisional, melainkan lebih mengacu pada strategi pemasaran modern dengan konsep 4P (Product, Price, Place, Promotion).
Kemunculan strategi 4P inilah yang menandai munculnya komunikasi pemasaran terpadu, dengan tidak hanya menggunakan iklan melainkan juga menggunakan PR.
Pengaruh Komunikasi Pemasaran
·         Kegiatan komunikasi pemasaran ini harus diintegrasikan untuk menghantarkan pesan yang konsisten dan mencapai positioning strategis.
·         Pemasar harus ‘netral media’ dan mengevaluasi semua kemungkinan opsi komunikasi menurut kriteria efektivitas (seberapa baik komunikasi itu bekerja) dan efisiensi (seberapa besar biayanya).

No comments:

Post a Comment